WACC Adalah

Pengertian WACC – Untuk para master mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya WACC namun untuk kita yang baru terjun kedunia kerja mungkin masih bingun dengan kata tersebut.

Maka dari itu saya akan berusaha menjelaskan secara rinci tentang WACC dengan bahasa yang mudah di cerna oleh berbagai kalangan.

WACC merupakan singkatan dari Weighted Average Cost of Capital yang dapat di artikan ke dalam bahasa Indonesia ongkos modal tertimbang rata-rata.

Secara umum sumber dana perusahaan berasal dari Hutang (bank) dan Ekuitas (investasi pemilik modal).

Bank maupun investasi pemiliki modal pasti ingin menerima uang mereka kembali, maka perusahaan akan menghitung tingkat pengembalian modal tersebut.

Karena perusahaan memiliki 2 sumber dana yang berbeda, tentu akan menimbulkan 2 perhitungan yang berbeda pula.

Misalkan pihak bank mengharuskan perusahaan mengembalikan uang pinjaman 10% sedangkan pemilik modal pribadi mengharuskan pengembalian 20% maka akan menghasilkan perhitungan yang berbeda pada perusahaan tersebut.

Agar perusahaan tidak repot dalam melakukan perhitungan maka perusahaan menghitung secara global atas pengembalian modal tersebut yang dapat di sebut WACC.

 

Misalkan perusahaan membutuhkan uang Rp 100.000.000 untuk membangun perusahaannya, mereka meminjam uang kepada pihak bank dan para investor.

Jika pihak bank memberikan pinjaman modal sebesar Rp 50.0000.000 (50% dari total yang dibutuhkan) dan pemilik modal berinvestasi sebesar Rp 50.000.000 (50%), dengan syarat pengembalian seperti yang di jelaskan di atas. Maka akan di peroleh:

Perusahaan membayar hutang Rp 5.000.000 kepada pihak bank, dan Rp 10.000.000 pihak investasi setiap tahunnya.

Agar perusahaan tidak repot dalam melakukan perhitungan maka menggunakan rumus:

rumus WACC

WACC = (E/D+E) Ke + (D/D+E) Kd (1-T)

Diketahui
E          keterangan       Jumlah ekuitas
D         keterangan       Jumlah Utang/Liabilitas
Ke       keterangan      Cost of Equity
Kd       keterangan       Cost of Debt
T          keterangan       Tingkat pajak
Maka perusahaan akan membayar sebesar 15% untuk melunasi seluruh pinjaman perusahaan atau senilai Rp 15.000.000 pertahunnya. Inilah yang di sebut dengan perhitungan WACC.
Sekian untuk penjelasan tentang WACC, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita.

Terima kasih dan salam sukses.

 

Related Post to WACC Adalah