Pengertian Monopoli dan Ciri-ciri Monopoli 

Pengertian Monopoli dan Ciri-ciri Monopoli – Kita sering mendengan kata monopoli, namun ternyata masih banyak yang tidak mengerti arti dan maksud kata tersebut. Sebagian orang hanya mengerti bahwa monopoli adalah sebuah permainan belaka.

Padahal permainan tersebut adalah bentuk dari adanya monopoli yang terjadi pada kehidupan dunia nyata.

Pengertian Monopoli dan Ciri-Ciri Monopoli
Pengertian Monopoli dan Ciri-Ciri Monopoli

Pengertian Monopoli

Secara bahasa, kata monopoli berasal dari bahasa yunani, yakni Monos yang berarti sendiri dan Polein yang berarti penjual yang lalu kedua kata tersebut membentuk kata monopoli yang berarti menjual sendiri.

Dari kedua kata tersebut, dapat di simpulkan bahwa monopoli adalah seseorang, lembaga atau sebuah perusahaan yang tidak memiliki saingan sehingga dapat di katapan pengusaha tunggal.

Secara istilah, kata monopoli adalah orang, lembaga atau sebuah perusahaan tunggal yang memproduksi barang atau jasa yang dapat digunakan untuk orang banyak. Kita hanya dapat menggunakan barang atau jasa yang di sediakan perusahaan tersebut dan tidak dapat menggunakan barang atau jasa dari perusahaan lain.

Sekarang ini, kemudahan dalam menggali informasi membuat orang lain dapat mendirikan perusahaan yang serupa dengan yang kita kembangkan. Sehingga banyaknya pesaing membuat kita sulit untuk menentukan harga barang atau jasa yang kita produksi.

Namun jika kita amati ternyata masih ada beberapa perusahaan yang tidak memiliki saingan atau sangat sulit untuk perusahaan baru menjalankan usaha tersebut, yaitu PLN.

PLN adalah perusahaan milik pemerintah yang menyediakan listrik ke seluruh penjuru wilayah Indonesia, perusahaan ini tidak memiliki saingan sebagai mana perusahaan lainnya. Karena perusahaan tunggal yang menyediakan listrik kepada warga, berarti PLN dapat di katakan monopoli. Namun karena bersifat perusahaan pemerintah yang melayani warganya, tidak sepenuhnya PLN mempraktekkan monopoli.

Ciri-Ciri Monopoli
adapun ciri-ciri monopoli antara lain:

  1. Perusahaan tunggal (tidak memiliki pesaing).
  2. Perusahaan bebas menentukan harga yang diinginkan karena tidak memiliki pesaing.
  3. Karena pengusaha tunggal, tentu produknyapun tidak memiliki pengganti lain.
  4. Sulit untuk membangun perusahaan yang sama.

Demikianlah artikel singkat tentang monopoli dan ciri-cirinya, semoga saja dapat menambah wawasan bagi setiap orang yang membacanya.

Terima kasih dan salam sukses.

 

Related Post to Pengertian Monopoli dan Ciri-ciri Monopoli