Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan Merawat Burayak

Ikan cupang adalah ikan hias yang dapat dengan praktis dipelihara. Budidaya ikan cupang tidak perlu lahan yang luas dan juga modal yang besar sehingga dapat dijalankan sebagai usaha rumahan.

Ikan cupang merupakan ikan air tawar dari daerah beriklim tropis, banyak di jumpai di perairan Asia Tenggara. Di alam aslinya ikan ini hidup di rawa- rawa, sungai yang berarus tenang, serta mereka hidup berkelompok

Ikan yang satu ini istimewa karena daya tahannya yang sanggup hidup dengan air yang sangat minim sekali pasokan O2 karena ikan cupang mempunyai rongga labirin seperti paru- paru manusia yang berfungsi membuatnya bertahan hidup dalam lingkungan yang sangat minim O2.

Pada artikel kali ini saya akan berbagai mengenai cara ternak ikan cupang

Jenis ikan cupang

Dilihat dari sudut pandang  para penggemar dikenal 2 macam ikan cupang, yaitu cupang hias dan cupang adu. Cupang hias ini sesuai namanya yaitu berfungsi untuk dinikmati keindahannya, Sedangkan cupang berfungsi untuk diadu dengan ikan cupang lainnya.Di beberapa Negara mengadu cupang ini termasuk tindakan ilegal

Cupang hias dan cupang adu dikelommpokkan lagi berdasarkan bentuk serta agresifitasnya

Kebanyakan yang beredar di tengah- tengah masyarakat adalah kelompok splendens complex, yang terdiri dari Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis. 

Memilih indukan ikan cupang

Memilih indukan atau bibit berkualitas merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai  sebelum memulai budidaya ikan cupang, Indukan yang baik harus dalam kondisinya bugar, bebas penyakit dan cacat bawaan, juga termasuk keturunan unggul.

Bagaimana cara membedakan cupang jantan atau betina

Jika ikan cupang Jantan maka akan terlihat gerakannya lincah, sirip dan ekor lebar mengembang, warna cerah, tubuhnya lebih besar sedangkan jika ikan cupang Betina maka akan teramati gerakannya yang lebih lamban, sirip dan ekor lebih pendek, warna kusam, tubuh lebih kecil.

Sebelum pemijahan dilaksanakan, anda harus memastikan indukan jantan dan betina sudah masuk ke dalammasa yang matang atau sudah siap untuk dipijahkan. berikut  ini adalah cici- ciri indukan yang sudah siap dipijahkan:

Ikan cupang jantan:

  1. Berusia minimal 4-8 bulan
  2. Bentuk badan yang panjang
  3. Sirip yang panjang serta warnan yang terang
  4. Gerakannya pun lincah

Ikan  cupang betina:

  • Berusia minimal 3-4 bulan
  • Bentuk yang bulat dan pada bagian perut sedikit buncit
  • Sirip pendek serta warna yang kusam tidak menarik
  • Gerakannya pun tidak lincah

Pemijahan ikan cupang

Setelah indukan siap dipijahkan, siapkan tempat berupa baskom plastik atau tempat semisal. Kemudian Siapkan gelas plastik yang gunanya untuk tempat ikan cupang betina, lalu siapkan  juga tumbuhan air, contohnya kayambang.

Ikan cupang dapat menghasilkan sampai 1000 butir telur dalam satu kali pemijahan. Telur dapat menetas dalam kurun waktu 24 jam setelah proses pembuahan. Berdasarkan informasi para pembudidaya, tingkat kematian benih ikan cupang lumayan tinggi.

Dalam 1 kali proses perkawinan biasanya hanya bisa dipanen sekitar 30-50 ikan cupang dapat berkembang.

Indukan jantan dapat dikawinkan sampai 8 kali dengan jarak waktu selama 2-3 minggu. Untuk  indukan betina dianjurkan hanya dikawinkan1 kali saja, akan terjadi penurunan keragaman jenis kelamin jika tetap di paksakan lebih dari satu kali.

Dimana anakan ikan cupang akan semakin dikuasai oleh kelamin betina.

Berikut ini tata cara pemijahan ikan cupang:

  1. Isi wadah dengan air bersih setinggi 10-15 cm. sebaiknya gunakan air tanah ataupun air sungai yang bersihh. Kemudian endapkan dulu air yang akan dipakai,minimal selama satu malam. Hindari air terdapat bau kaporit.
  2. Sebagai tempat burayak berlindung sebaiknya tambahkan tanaman air. peletakan tanaman air jangan terlalu berdekatan. Karena tanaman air dapat  mengambil oksigen yang ada di dalam air.
  3. Kemudian Masukkan ikan cupang jantan terlebih dahulu dan biarkan ikan tersebut selama 1 hari dalam wadah, kemudian ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara yang berfungsi untuk menyimpan telur yang telah dibuahi. Cara agar memancing si jantan membuat gelembung yaitu dengan memasukkan ikan cupang betina tetapi berbeda wadah. Caranya,masukkan  ikan betina dalam gelas plastik bening  dan tenggelamkan ke dalam wadah dimana ikan jantan berada.
  4. Lalu masukkan indukan betina. Waktu pemijahan ikan cupang biasanya terjadi pada waktu pagi dan sore. Karena Ikan cupang sensitif ketika kawin, lebih baik anda tutup wadah menggunakan koran atau letakkan di ruangan yang terhindar dari lalu lalang orang dan suara bising.
  5. Setelah terjadi pembuahan pisahkan indukan betina, karena yang akan menjadi penanggungjawab membesarkan dan menjaga burayak adalah cupang jantan. Dengan menggunakan mulut, si jantan akan memindahkan telur yang telah dibuahi dan diletakkan pada gelembung-gelembung yang telah dibuat.

 Jika  indukan betina tidak dipindahkan, maka telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan oleh ikan cupang betina.

  1. Dalam kurun waktu lebih dari1 hari telur-telur tersebut akan jadi burayak. Dalam waktu  3 hari burayak tidak perlu lagi diberi pakan karena masih terdapat nutrisi yang terbawa dalam sewaktu di dalam telur. Ikan cupang jantan juga tak perlu diberi pakan karena si jantan akan berpuasa untuk menjaganya.
  2. Setelah tiga hari terhitung sejak telur menetas makanan yang cocok adalah kutu air, tetapi dalam pemberiannya tidak boleh terlalu banyak karena dapat mengotori wadah.
  3. Induk jantan dapat diambil setelah burayak berusia 2 minggu dihitung sejak menetas. Pindahkan burayak tersebut dalam wadah yang lebih besar dan berikan jentik nyamuk.
  4. Setelah kurun waktu 1,5 bulan, ikan sudah bisa dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya. lalu pisahkan ikan tersebut ke tempat pembesaran.

Pakan favorit ikan cupang

Kutu air , cacing sutera dan larva nyamuk merupakan makanan favorit ikan cupang alangkah lebih baiknya makanan diberikan 3-4 kali sehari, semakin sering memberi pakan semakin baik jika sedikit-sedikit karena jika langsung banyak akan menambah permasalahan , seperti penyakit akibat dari penumpukan  sisa makanan.

Semua pakan yang disebutkan di atas dapt dibeli di toko penjual paka ikan ataupun kita dapat membuatnya sendiri.

Cara perawatan ikan cupang

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ikan cupang rata- rata mempunyai daya tahan yang sangat baik. Walaupun ikan ini dapt hidup dalam keadaan air tanpa aerator maupun filter pembersih, alangkah lebih baiknya menggunakakn alat tersebut jika ikan cupang ini bertujuan untuk kontes agar bisa berkembang dengan sangat baik dan juga bugar

Tidak diperkenankan mencampurkan lebih dari satu ikan cupang jantan yang telah dewasa dalam satu tempat. Apalagi jika ukuran akuarium atau wadah  kecil serta tidak terdapat tempat berlindung. Ikan-ikan tersebut dapat saling menyerang satu sama lainyang mengakibatkan sirip ikan cupang tidak mulus dan warnanya kurang menarik.

Bagi  ikan cupang aduan, anda dapat memasukkannya di toples kaca kecil. Berdasarkan beberapa pembuktian agar ikan lebih gesit maka dianjurkan untuk disimpan di tempat yang gelap. Berikan juga sekat pembatas agar ikan cupang tidak membenturkan dirinya ke kaca

Gantilah air yang terdapat dalam toples kaca  atau akuarium secara berkala. Perhatikan apakah terdapat penumpukan kotoran serta sisa makanan pada dasar wadah. Menumpuknya pakan dapat menyebabkan penyakit bahkan kematian pada ikan karena air tercemar.

Related Post to Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan Merawat Burayak