Sebutkan Badan Usaha Milik Swasta yang Ada di Indonesia

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai badan usaha milik swasta yang ada di Indonesia.

1.PT Pupuk Kaltim 

Usaha ini bergerak dibidang penyediaan lahan industri dengan luas 230 ha dan dengan berbagai fasilitas pendukung, termasuk sarana pengolahan limbah serta gedung perkantoran.

Berlokasi di Kawasan Bisnis Pupuk Kaltim, Bontang, Kalimantan, perusahaan ini dimiliki oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (99,998%) dan YKHT Pupuk Kaltim (0,002%).

2. PT Union Metal

Perusahaan ini bergerak dibidang bahan bangunan dari baja, mengundang para professional yang menyukai tantangan, memiliki semangat juang & berdedikasi tinggi untuk bergabung dan berkembang bersama kami.

3. PT Djarum

PT. Djarum Tbk merupakan salah satu contoh bums di indonesia yang mana perusahaan ini bergerak dalam bidang industri rokok terbesar di Indonesia sejak 60 tahun yang lalu.

Kini Djarum sudah dikenal diseluruh Indonesia dan juga sudah memberikan kontribusi yang luas terhadap masyarakat Indonesia. 

4. PT Holcim

PT Semen Gresik (Persero) Tbk. ini merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri semen.

Diresmikan di kota Gresik pada tanggal 7 agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun.

5. PT Karakatau Steel

PT. KrakatauSteel ini merupakan sebuah perusahaan baja terbesar di Indonesia. BUMN yang berlokasi di Cilegon, Banten ini berdiri pada tanggal 31 Agustus 1970.

Produk yang dihasilkan berupa baja lembaran panas, baja lembaran dingin, dan baja batang kawat. Hasil produk ini biasanya merupakan bahan baku untuk industri lanjutannya.

6. PT XL Axiata Tbk

Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang distribusi pulsa elektronik/fisik dari PT XL Axiata Tbk (dahulu PT Excelcomindo Pratama Tbk).

Kantor cabang kami ini tersebar di beberapa provinsi di indonesia yang mana saat ini banyak di region sumatra dan jawa.

Kami mencari sumber daya yang dapat bekerja melalui Team Work yang Solid, Trust, Speed, Smart dan memiliki semangat yang terwujud dalam kepedulian sesuai dengan nilai perseroan kami.

Badan usaha milik swasta di Indonesia

7. PT Aneka Elektrindo Nusantara

Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2000 dan telah ikut berkiprah dalam dunia kelistrikan di Indonesia.

Perusahaan ini juga menyediakan barang dan jasa, sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang listrik.

8. PT fasfood Indonesia 

PT Fastfood Indonesia Tbk merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Indonesia yang mana bergerak di bidang makanan dan restoran.

Perusahaan ini merupakan satu-satunya pemegang hak waralaba merek Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia.

9. PT Astra Internasional 

AstraInternational merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi otomotif yang bermarkas di Jakarta, Indonesia.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 dengan nama awalnya yaitu PT Astra International Incorporated.

Pada tahun 1990, perseroan mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk.

Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990.

Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jardine Cycle & Carriage’s yaitu sebesar 50,1%.

Perseroan yang berdomisili di Jakarta, Indonesia, ini dengan kantor pusat di JI. Gaya Motor Raya No. 8, Sunter II, Jakarta.

Ruang lingkup kegiatan Perseroan ini seperti yang tertuang dalam anggaran dasarnya adalah perdagangan umum, perindustrian.

Selain itu juga jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan juga jasa konsultasi.

Ruang lingkup kegiatan utamanya meliputi perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor dengan suku cadangnya.

Dan juga penjualan dan penyewaan alat berat, pertambangan dan jasa terkait, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur dan teknologi informasi.

10. PT Ghobel Dharma Nusantara

PT. Gobel Dharma Nusantara merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan purna jual produk Panasonic.

Yang mana saat ini sedang membutuhkan tenaga dinamis, memiliki inisiatif dan berkualitas, untuk ditempatkan di Palembang.

11. PT Freeport Indonesia 

PT Freeport Indonesia merupakan Perseroan Terbatas berbadan hukum Indonesia yang sahamnya hampir 100 % dimiliki oleh Freeport Mcmorant yang berasal dari Seatle Washington AS.

Perusahaan ini dulunya adalah pertambangan kecil di AS tapi setelah memperoleh konsesi eksplorasi tembaga dan emas di tembaga pura dan mimika sejak tahun 1968, perusahaan ini berkembang pesat.

Selain itu juga menjadi transnational corporation terbesar dan terkemuka tidak hanya di AS tapi di muka bumi ini, terutama di bidang pertambangan mineral non energy seperti emas, tembaga, nikel dsb.

Sahamnya yang di NYSE melonjak ratusan persen setelah sukses menambang emas di bumi papua sejak 1968.   

12. PT Exxon Company

PerusahaanExxonMobil atau ExxonMobil yang bermarkas di Texas ini adalah sebuah perusahaan penghasil dan pengecer minyak yang dibentuk pada 30 November 1999 melalui penggabungan Exxon dan Mobil.

ExxonMobil merupakan induk perusahaan Exxon, Mobil dan Esso di seluruh dunia.

ExxonMobil ini juga merupakan perusahaan terbuka yang terbesar di dunia.

Keuntungan operasinya pada tahun 2005 sebesar AS$36,13 miliar (sebuah rekor untuk perusahaan diperdagangan publik), sedikit lebih kecil dari PDB Azerbaijan, sedangkan pendapatannya lebih besar dari PDB Arab Saudi.

ExxonMobil ini berkantor pusat di Irving, Texas. Bersama dengan Shell, BP dan Total, Exxon Mobil merupakan empat perusahaan minyak yang terbesar di dunia. Direktur ExxonMobil sekarang adalah Rex W. Tillerson.

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai contoh badan usaha milik swasta yang ada di Indonesia.

Semoga dapat menambah pengetahuan dan memberi manfaat bagi teman-teman yang membaca.

Jangan lupa untuk share dan terus membaca artikel-artikel saya yang lainnya ya.

Related Post to Sebutkan Badan Usaha Milik Swasta yang Ada di Indonesia