Pengertian, Jenis, Kadar/ Karat Emas, Cara Menguji Kemurnian Emas Lengkap

  1. Pengertian Emas

 Emas adalah logam mulia yang memiliki simbol Au dalam bahasa latin disebut Aurum dan memiliki nomor atom 79 pada tabel periodik. Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa. Emas juga bersifat mudah melebur. Emas akan melebur pada suhu 1000 derajat celcius. Emas memiliki kekerasan bekisar 2,5 hingga 3 skala Mohs. Dan emas umumnya memiliki bobot yang cukup berat.

  1. Jenis – jenis Emas

 Emas Berbentuk Perhiasan

 perhiasan

Salah satu jenis emas adalah emas dalam bentuk perhiasan. Emas berbentuk perhiasan ini biasanya paling banyak kita temukan di dalam kehidupan sehari – hari. Karena pada umumnya wanita sering membeli emas dalam bentuk perhiasan ini untuk dijadikan aksesoris. Emas berbentuk perhiasan biasanya berupa cincin, gelang, kalung dan anting – anting.

baca juga: Daftar Harga Emas 24 Karat Hari ini Rabu, 6 juni 2018

  1. Emas Batangan

 emas batangan

Jenis emas yang lain adalah emas berbentuk batangan. Emas batangan ini sangat sulit kita jumpai pada kehidupan sehari – hari. Karena emas yang satu ini banyak dibeli oleh orang dalam bentuk investasi. Jadi hanya beberapa orang saja yang mampu membeli emas dalam bentuk batangan ini. Dengan menjadikan emas batangan dalam bentuk investasi sebenarnya adalah cara yang paling baik. Sebab emas dalam bentuk batangan akan lebih mudah dijual daripada emas berbentuk perhiasan. Di Indonesia merek emas batangan yang paling terkenal adalah Logam mulia. Logam mulia ini biasanya diproduksi oleh PT. Aneka Tambang (Antam). Untuk keasliannya sendiri tidak perlu anda ragukan lagi karena emas yang diproduksi PT. Aneka Tambang tersebut memiliki kadar atau karat emas senilai 99,99 %. Dan jika anda masih ragu dengan keasliannya biasanya anda akan diberi sertifikat yang bertuliskan nomor seri yang sama dengan nomor seri yang terdapat pada ukiran emas batangan anda.

Berikut adalah beberapa jenis emas batangan yang paling mudah dijual di Toko Emas Indonesia :

 

  1. Emas Antam atau Emas LM (Logam Mulia)

 Emas yang memiliki label LM atau yang berarti Logam Mulia ini sangat mudah dijual ditoko emas karena memiliki sertifikat yang bertuliskan nomor seri yang sesuai dengan nomor seri yang terukir pada emas batangan. Emas jenis ini juga tersedia dalam bentuk gram maupun kilogram.

  1. Emas London

 Emas London adalah emas non lokal yang berasal dari luar negeri. Umumnya pecahan dari emas London ini hanya 1 kg. Ciri – ciri dari emas London ini adalah hanya bertuliskan nama perusahaan dimana tempat ia dicetak yang diukir pada setiap batangannya. 

  1. Emas Lokal

 Emas lokal juga sangat mudah dijual di toko emas. Ciri khas emas lokal ini adalah tidak terdapat nomor seri, nama perusahaan dan sertifikat. Dan umumnya bentuk emas lokal ini tidak menentu. Ada yang berbentuk bongkahan, ada yang berbentuk lonjong dan ada juga yang berbentuk penyok. Emas lokal ini juga tersedia dalam bentuk gram maupun kilogram.

  1. Emas Berbentuk Koin   

Emas berbentuk koin ini biasa disebut dengan koin emas. Di Indonesia terdapat dua macam koin emas yang terkenal yaitu koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin emas Dinar. Koin emas ONH adalah jenis emas yang dibuat sebagai tabungan orang – orang yang ingin menunaikan ibadah haji. Koin emas ONH ini juga dipastikan selamat dari inflasi karena harga emas ini terus naik.

  1. Emas Granule

Emas Granule adalah emas yang memiliki bentuk seperti butiran. Emas yang satu ini mungkin sangat jarang ditemui kecuali pada toko – toko emas dan para pengrajin emas. Karena emas memiliki sifat mudah melebur, jadi emas granule ini juga dapat dileburkan dan kemudian dibentuk kembali dalam bentuk perhiasan.

  1. Emas Online / Digital 

Emas online adalah emas yang bisa dibeli secara online ataupun pialang. Emas online atau biasa disebut emas digital ini berbentuk seperti koin. Emas digital ini tidak bisa kita pegang secara nyata, tetapi nilainya dapat ditukarkan ke dalam rupiah.

  1. Kadar Emas

 Kadar emas persentase kandungan emas murni yang terdapat di dalam emas. Kadar emas atau karat emas biasanya dijadikan sebagai tolak ukur kemurnian sebuah emas. Semakin besar kadar atau karat yang terkandung di dalam sebuah emas, maka semakin mahal pula harganya. Emas merupakan logam mulia yang memiliki sifat yang unik, memiliki nilai jual yang tinggi dan susah untuk ditemukan. Untuk mengetahui berapa kemurnian yang terkandung di dalam sebuah perhiasan emas maka anda perlu mengetahui berapa kadarnya atau toko mas biasanya mengatakan berapa karatnya. Ada beberapa kadar yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut.

  1. 9 Karat

Jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 9 Karat. Maka emas tersebut mengandung 37,5 % emas murni. Yang lainnya adalah campuran.

  1. 10 Karat

Jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 10 karat, maka perhiasan tersebut mengandung 41,7 % emas murni. Dan lainnya adalah campuran. 

  1. 14 Karat

Jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 14 karat, maka perhiasan tersebut mengandung 58,5 % emas murni. Yang lainnya campuran.

  1. 18 Karat

Jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 18 karat, maka perhiasan tersebut mengandung 75,0 %, yang lainnya adalah campuran. Biasanya kadar 18 Karat ini biasanya dibuat untuk cincin.

  1. 20 Karat

Jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 20 karat, maka perhiasan emas tersebut mengandung 83,3 % emas murni. Dan yang lainnya adalah campuran.

  1. 21 Karat

Jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 21 karat, maka perhiasan emas tersebut mengandung 87,5 % emas murni. Dan yang lainnya adalah campuran.

  1. 22 Karat

Jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 22 Karat, maka emas tersebut mengandung 91,6 % emas murni. Dan yang lainnya adalah campuran. Biasanya campurannya adalah logam perak sebesar 8.3 %.

  1. 24 Karat

Nah jika anda memiliki sebuah perhiasan emas dengan kadar 24 karat, maka emas tersebut mengandung 99,99 % emas murni. Tetapi ada juga emas lokal yang kadar emasnya hanya 99,7 %. Emas ini tergolong ke dalam emas murni.

baca juga: CARA MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET

  1. Cara Menguji Kemurnian Emas

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam menguji kemurnian sebuah emas. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Digosok ke batu

 Untuk mengetahui emas tersebut asli atau tidak maka anda dapat menguji kemurniannya dengan cara menggosok emas tersebut pada batu. Kemudian anda harus mentetesi emas tersebut dengan zat kimia yang bernama Asam Nitrat dan Asam Klorida. Biasanya kedua zat kimia ini sudah ada yang disatukan menjadi satu zat yang diberi nama Air Raja (Aqua Regia).

  1. Pengujian dengan alat

 Jika anda tidak mau menggunakan metode manual yang menggosokkan emas pada batu, maka anda juga bisa mencoba metode lain untuk menguji kemurnian emas tersebut yaitu dengan menggunakan alat pendeteksi yang diberi nama Gold Tester. Alat ini mampu mendeteksi kadar yang terkandung di dalam emas tersebut hanya dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan emas tersebut. 

  1. Pengujian dengan Berat

 Untuk yang sudah terbiasa bermain dengan emas seperti toko emas. Merekka bisa dengan mudah mengetahui kemurnian emas tersebut hanya dengan mengukur berat jenisnya atau SG (specific gravity). Karena setiap emas memiliki berat jenis yang berbeda – beda. Cara mengukur berat jenisnya adalah dengan cara membagi massa jenisnya dengan volume.

Nah sekarang anda sudah tahu kan apa pengertian emas, jenis – jenis emas, kadar emas dan cara menguji kemurnian emas ? semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

Related Post to Pengertian, Jenis, Kadar/ Karat Emas, Cara Menguji Kemurnian Emas Lengkap