Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Super Cepat Panen

Ternak Ayam kampung Super – Peluang usaha di bidang ternak memang masih terbuka sangat lebar. Kebutuhan hewani dan beserta turunanya masih sangat tinggi dan tidak menutup kemungkinan akan terus meningkat dari tahun ketahunnya.

Salah satu jenis hewan yang hingga kini masih sangat banyak di butuhkan masyarakat kita adalah ayam kampung.

Namun, sebagaimana yang kita tahu, bahwa ayam kampung memiliki kelemahan yaitu masa pertumbuhan yang lebih lama dari pada jenis ayam lainnya.

Namun, seiring perkembangan zaman dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ayam kampung juga dapat di budidayakan dengan masa panen yang relatif lebih singkat yaitu sekitar 40 hari. Ayam kampung jenis ini sering di sebut dengan ayam kampung super.

Jenis ayam kampung super sebenernya merupakan ayam hasil dari persilangan antara ayam petelur dengan ayam kampung biasa.

Diarenakan tingginya permintaan pasar akan daging ayam kampung sementara lamanya masa panen ayam kampung sehingga para peternak kewalah untuk memenuhi permintaan pasar tersebut.

Namun para peternak ternyata berinisiatif untuk mencoba menyilang jenis ayam kampung yang lama panen dengan ayam broiler yang cepat panen dan kemudian melahirkan jenis ayam kampun super yang dapat di panen dalam waktu realtif singkat dari pada biasanya.

ternak ayam kampung

Persilangan tersbut mempercpat masa panen namun tetap dengan kualitas daging yang sama dengan ayam kampung yang biasa.

Keunggulan Peluang Usaha Ayam Kampung Super

  1. Ayam kampung ternyata memiliki cita rasa yang jauh lebih gurih jika dibandingkan dengan ayam pedaging biasanya. Ayam kampung terkenal dengan kualitas dagingnya yang sangat lezat dan memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga tidak mengherankan jika penggemar ayam kampung terus bertambah meskipun jenis ayam pedaging lebih banyak dan lebih murah.
  2. Ayam kampung super ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam pedaging jenis lainnya seperti boiler. Hal ini dikarena lamanya masa panen serta rasa yang lebih gurih sehingga ayam kampung memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari ayam pedaging lainnya.
  3. Ayam kampung super ternyata lebih tahan penyakit dari pada ayam boiler biasanya sehingga kemungkinan kematian ayam berkurang dan berarti peternak akan memperoleh hasil panen yang lebih besar. Biasanya tingkat kematian ayam kampung super yang dirawat dengan benar, kematian paling tinggi hanya 10 % dari total jumlah ternak dan rata – rata kematian hanya 2% dari total ayam yang diternakkan.
  4. Ayam kampung memiliki nilai gizi yang lebih. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa penggemar ayam kampung terus bertambah dari tahun ke tahunnya. Daging ayam kampung super ini terkenal memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan kadar lemak yang lebih rendah dari jenis daging ayam potong lainnya, selain lebih enak ayam kampung super juga lebih aman untuk di konsumi.
  5. Seperti yang di jelaskan di atas ayam kampung super lebih cepat pertumbutuhannya. Ayam jenis ini memiliki masa panen hingga 50 hari dengan rata-rata bobot ayam hingga mencapai 9 ons untuk perekornya. Dengan begitu, akan lebih menghemat modal dari pada biasanya.

Keunggulan-keunggulan di atas memang tidak terdapat pada peluang usaha ayam jenis lain. Sehingga ayam kampung super ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha kecil yang dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat.

Analisa Bisnis Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Untuk memperjelas tentang prospek dari tenak ayam kampugn super ini, mari kita simak analisa usaha berikut.

Jika diasumsikan kita akan memelihara ayam kampung super sebanyak 400 ekor. Setiap pembelian 100 ekor DOC (anak ayam)  biasanya kita akan diberikan 2 ekor DOC secara gratis. Dan harga untuk setiap DOC turun naik dan setiap daerah tidak sama.

Bergantung pada daerah masing-masing, namun untuk mempermudah perhitungkan kita asumsikan harga perekor Rp. 5.000.

Modal yang harus kita keluarkan selama 50 hari.

No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah total
1 Modal bibit Rp,5.000 400 + 8 ekor Rp,2.000.000
2 Pakan 0 – 60 hari Rp,250.000 16 Sak Rp,4.000.000
3 Vaksinasi dan Vitamin Rp,200.000 Rp,200.000
Jumlah total Rp,6.200.000

Keterangan:

Pada umumnya untuk 1000 ekor DOC menghabiskan 40 karung pakan ayam selama 1-60 hari, 50 hari ayam sudah dapat di panen dengan berat 9 ons.

Pakan dapat di ganti dengan yang lain dengan kandungan gizi yang serupa.

Pendapatan

Kita anggap saja bahwa kematian yang di alami mencapai 5 %. Dari 400 ekor ayam maka jumlah ayam yang mati adalah 20 ekor sehingga ayam yang tersisa sekitar 380 + 8 ekor. Berat rata -rata ayam selama 50 hari adalah 0,9 kg sehingga kita dapat memperhitungkan pendapatan sebagai berikut :

harga ayam terendah sekitar Rp. 22.000,- dengan maksimal mencapai 30 ribuan per Kg.

No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Penjualan Ayam Rp 25.000/kg 0.9 kg x 388 = 349 kg      Rp. 8.725.000
Jumlah Pendapatan total      Rp. 8.725.000

Dengan jumlah pendapatan seperti yang tertera diatas maka kita akan mendapatkan keuntungan sebesar :

 Pendapatan Bersih = Pemasukan – Pengeluaran
= Rp  8.550.000-– Rp 6.200.000
Total pendapatan bersih = Rp 2. 350.000,-

Perhitungan persen keuntungan adalah

Keuntungan : Total modal x 100 % = 2.350.000 : 6.200.000 x 100% = 38%.

Dengan perhitungan rumus di atas, maka kita dapat menghitung berapa keuntungan yang di peroleh jika kita menjalankan peluang usaha ayam kampung super ini dengan modal Rp. 20.000.000.

Maka keuntungan yang kita terima selama 1 putaran sebesar

38% x Rp. 20.000.000 = Rp. 7,6 juta.

Angka yang besar bukan? usaha ini sangat cocok kita jalankan baik sebagai usaha sampingan maupun sebagai usaha utama kita.

Kesimpulan Analisa Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat memicu meningkatnya permintaan pasar dalam berbagai jenis kebutuhan, salah satunya adalah permintaan pasar akan kebutuhan daging ayam kampung.

Di daerah Jabodetabek contohnya, kebutuhan daging ayam kampung mencapai 280.000 ekor untuk setiap harinya dan baru dapat di penuhi hanya sekitar 5% dari total yang di butuhkan.

Dari angka yang masih sangat timpang ini menunjukan bahwa peluang usaha ayam kampung super masih sangat bagus. Dengan adanya ayam kampung jenis ini, sangat diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan daging ayam kampung yang masih sangat minim tersebut.

Demikianlah informasi seputar Peluang Usaha Ternak Ayam kampung Super Cepat Panen semoga dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita dalam berwira usaha terutama dalam ternak ayam kampung.

Terima kasih dan salam sukses.

 

Related Post to Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Super Cepat Panen