Langkah-Langkah Membuka Usaha Cuci Motor dan Mobil

Langkah-Langkah Membuka Usaha Cuci Motor dan MobilAda banyak sekali orang yang memiliki kemampuang dan modal untuk membuat usaha namun bingung ingin membuat usaha apa, lantas mereka memutuskan untuk bekerja dengan orang lain.

Padahal jika mereka meluangkan waktu sejenak untuk berfikir, membaca dan melihat lingkungan sekitar. Ada banyak usaha yang dapat mereka jalankan dengan kemampuan dan modal yang mereka miliki.

Bahkan ada beberapa usaha yang di jalankan nyaris tanpa modal sama sekali, akan saya bahas di pertemuan lainnya. Kali ini saya akan membahas seputar usaha yang dapat di jalankan sebagai usaha sampingan atau usaha utama yaitu mencuci motor dan mobil.

usaha cuci motor

Usaha ini dapat menjadi usaha sampingan karena dapat di jalankan sepulang sekolah dan dapat di jadikan usaha utama karena peluang usaha ini semakin besar dari waktu ke waktunya, jika kita perhatikan setiap hari pengguna kendaraan motor dan mobil terus bertambah dari waktu ke waktunya.

Hal ini menunjukkan bahwa orang yang membutuhkan jasa cuci motor dan mobil juga akan terus bertambah.

Adapun langkah-langkah untuk memulai usaha ini antara lain?…

  1. Melihat keadaan pasar

Setiap daerah tidak sama, termasuk juga dalam perkaran kendaraan. Maka dari itu penting bagi kita untuk melakukan pengamatan terhadap pasar usaha yang akan kita jalankan.

Untuk daerah perkotaan mungkin usaha cuci motor dan mobil akan sangat menjanjikan namun untuk daerah perdesaan usaha cuci motor dapat di jalankan sedangkan usaha cuci mobil nampaknya tidak dapat di jalankan.

Kita juga harus memperhatikan berapa biaya yang akan kita kenakan pada pelanggan, jika terlalu besar maka pelanggan akan lari sedangkan jika terlalu kecil tentu keuntungan yang kita peroleh terlalu sedikit.

Kita dapat menyesuaikan harga cuci motar dan mobil berdasarkan daerah masing-masing, untuk daerah perkotaan biasanya lebih mahal dari pada perdesaan karena uang Rp100.000 tidak ada artinya untuk orang yang tinggal di perkotaan.

Berbeda halnya dengan orang yang tinggal di perdesaan, uang Rp100.000 justru sangat berarti dan dapat untuk bertahan hidup selama beberapa hari, jadi kita harus pandai-pandai menyesuaikan harga yang akan di keluarkan pelanggan.

 

  1. Memilih lokasi

Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memilih lokasi usaha, perlu di ketahui bahwa tidak semua lokasi cocok untuk usaha ini. Sebaiknya kita memilih lokasi yang banyak orang berhalulalang di sekitar usaha kita.

Saya sarankan menjalankan usaha ini di pinggir jalan utama, kita dapat menyewa tempat untuk menjalankan usaha ini.

 

  1. Menyiapkan lokasi dan peralatan usaha

Jika kita sudah menentukan lokasi yang strategis, selanjutnya adalah menyiapkan lokasi tersebut agar dapat di gunakan untuk mencuci kendaraan.

Jika kita berniat hanya menyediakan jasa cuci mobil maka bangunan dan lokasi yang di butuhkan tidak terlalu besar, sedangkan jika kita menyediakan jasa cuci motor dan mobil tentu bangunan dan luas lokasi harus lebih lebar.

Buatlah lokasi usaha ini sebagus dan senyaman mungkin bagi pelanggan dan pegawai atau kita yang mencuci kendaraan.

Setelah itu kita hanya perlu menyediakan alat-alat yang di gunakan untuk mencuci kendaraan pada umumnya seperti sabun, shampoo, lap, mesin dan lain sebagainya.

 

  1. Fasilitas usaha

Sebelum memulai usaha, ada baiknya kita melengkapi usaha kita dengan fasilitas seperti wifi dan lain sebagainya untuk menarik perhatian pelanggan.

Jadi pelanggan yang menunggu kita mencuci kendaraan mereka tidak jenuh atau bahkan ada yang sangaja mencuci kendaraan karena ingin menikmati wifi gratis. Kita juga dapat mencoba ide-ide lain yang mungkin dapat mendatangkan para pelanggan.

 

  1. Memulai usaha

Setelah itu kita dapat memulai usaha mencuci kendaraan bermotor dan mobil, untuk awal sebaiknya kita menjalankan usaha ini sendiri, jika sudah memiliki pelanggan tetap barulah kita dapat mempekerjakan orang lain sebagai pegawai kita.

 

Catatan:

Dalam menjalankan usaha ini, kendaraan yang kita cuci tidak hanya sekedar bersih menurut kita saja, kita juga harus memperhatikan apakan kendaraan tersebut sudah memang bersih di mata pelanggan.

Maka dari itu kritik dan saran sangat di butuhkan untuk memajukan usaha cuci motor dan mobil ini.

Selain itu, kita juga harus sedikit memiliki pengetahuan seputar kendaraan motor dan mobil, jangan sampai kendaraan yang kita cuci malah rusak akibat terkena air sewaktu menyiram karena kurangnya pengetahuan.

 

Kesimpulan

Semakin bertambahnya pengguna kendaraan motor dan mobil tentu membuat peluang usaha cuci kendaraan ini semakin berpeluang besar. Kita dapat menjalankan usaha ini sebagai usaha sampingan sepulang sekolah atau kuliah atau usaha utama untuk menghasilkan uang.

Fasilitas yang kita gunakan juga akan sangat mempengaruhi minat pelanggan untuk mencuci kendaraannya kepada kita, maka dari itu perlu ide-ide kreatif untuk menarik minat seperti yang saya jelaskan di atas.

Yang terpenting dalam usaha ini maupun usaha yang lain adalah ketekunan dan niat yang kuat, maka usaha akan cepat berkembang dan maju.

Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah ilmu pengetahuan kita seputar usaha yang dapat kita jalankan, selamat mencoba dan salam sukses.

 

 

Related Post to Langkah-Langkah Membuka Usaha Cuci Motor dan Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *