Enaknya Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur

Peluang Usaha Ternak Bebek – Belakangan ini berbagai jenis makanan hasil olahan bebek mulai banyak di minati oleh masyarakat kita. Mulai dari bebek goreng, bebek peking, bebek panggang, hingga telur asin bebek nusantara yang rasanya tidak diragukan lagi.

Hal ini menunjukkan bahwa pecinta kuliner bebek sangat banyak dan bertebaran diseluruh wilayah Indonesia.

kita dapat menemukan banyak sekali kuliner berbahan bebek di berbagai daerah terutama kota-kota besar.

Daging bebek memang tidak terlalu empuk seperti daging lainya, namun daging bebek memiliki cita rasa yang sangat khas sehingga mampu membuat pelanggannya menjadi ketagihan.

Semakin banyak peminat daging bebek, maka akan semakin besar pula permintaan pasar akan pasokan daging bebek. Dan hal ini dapat kita manfaatkan untuk meraup keuntungan yang besar dengan cara menyediakan pasokan daging bebek tersebut.

Secara umum, peternak bebek terbagi menjadi 2 macam yaitu peternak bebek petelur dan peternak bebek pedaging.

Namun, sedikit perbedaannya hanya terletak pada pemberian pakannya saja. Porsi pakan bebek berupa mineral untuk bebek petelur lebih banyak jika di bandingkan dengan bebek pedaging.

Untuk sekarang ini, bebek pedaging memiliki pasar yang lebih bagus jika dibandingkan dengan bebek petelur. Seperti yang saja jelaskan di atas, restaurant dan tempat makan olahan bebek lebih banyak ketimbang orang yang membutuhkan telur bebek.

ternak bebek petelur

Cara Ternak Bebek Petelur Modern

Berikut ini saya akan menjelaskan cara beternak bebek pedaging, silakan disimak ya :

  1. Pembuatan Kandang Bebek

Sebelum memulai untuk beternak bebek kita harus meyiapkan lahan dan kandang terlebih dahulu.

Lahan harus memiliki jarak yang cukup jauh dari pemukiman warga, karena suara bebek yang berisik dan juga bau menyengat dari kotorannya dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar kandang tersebut.

Setelah itu buatlah kandang bebek dengan suhu 39 drajat Celcius. Dengan suhu yang panas dan terik seperti ini akan sangat disukai bebek dan membuat bebek merasa lebih nyaman dan untuk tingkat kelembabannya yaitu 60-65%.

Agar mempermudahkan kita dalam mengatur suhu dan membersihkan kandang, maka kita harus memberikan lampu pada kandang bebek tersebut. Dengan adanya lampu juga akan menghindari adanya binatang pengganggu seperti kucing dan tikus.

Jenis kandang untuk ternak bebek pada umumnya terdiri dari 3 macam kandang, yaitu :

  1. Kandang DOD

Kandang yang khusus dibuat untuk menampung anak bebek (DOD) yang masih sangat kecil. Kandang jeni ini biasanya memiliki ukuran 1 x 2 meter dan dapat menampung hingga 50 ekor DOD.

  1. Kandang Brower

Kandang yang khusus dibuat untuk bebek yang sudah remaja atau yang lebih dikenal brower. Kandang ini biasanya menampun 16-100 ekor per kelompok brower.

  1. Kandang Petelur

Kandang bebek yang khusus dibuat untuk bertelur, kandang bebek ini memiliki bentuk segi empat(kotak) dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

1 kandang biasanya mampu menampung 1-2 ekor bebek saja. Namun dapat juga kita buat kandang khusus berkelompok yang mampu menampung 4-5 kor bebek dewasa.

  1. Pemilihan Bibit Bebek

Setelah selesai membuat kandang tahap berikutnya yang harus kita perhatikan adalah memilih bibit bebek yang akan kita ternakkan. Pilihlah bibit unggul yang berkualitas, jangan sampai bibit yang kita pilih memiliki kualitas yang buruk daging atau telur yang dihasilkan juga tidak maksimal atau bahkan tidak bagus sama sekali.

Berikut ini beberapa cara untuk memilih bibit bebek yang unggul :

•    Kita dapat membeli telur tetas yang berasal dari induk bebek yang berkualitas.
•    DOD tidak memiliki cacat pada bagian tubuhnya sedikitpun, dan memiliki bulu berwarna kuning mengkilap.
•    Atau membeli DOD dari tempat pembibitan yang memang sudah terjamin kualitasnya oleh dinas peternakan daerah kita masing-masing atau dapat juga dengan memilih tempat pembibitan yang sudah diakui oleh peternak bebek lainnya.

Kebutuhan Nutrisi Pakan Bebek pedaging dan petelur

                    Umur (minggu)                       Pakan pe rekor (perhari)        Kebutuhan Protein   Energi (kkal/kg)                    Kalcium (%)   Phosfor (%)

Anak bebek (Stater)          0 – 1                 15                      18                     2.900                 0.65 – 1  0.63

                    1 – 2                 41                     18                      2.900                     0.65 – 1            0.63

                    2 – 3                 67                     18                      2.900                     0.65 – 1            0.63

                    3 – 4                 93                     18                      2.900                     0.65 – 1            0.63

                    4 – 5                 108                   18                      2.900                     0.65 – 1            0.63

                    5 – 6                 115                   18                      2.900                     0.65 – 1            0.63

                    6 – 7                 115                   18                      2.900                     0.65 – 1            0.63

                    7 – 8                 120                   18                      2.900                     0.65 – 1            0.63

Total 4.27 kg per ekor pemeliharaan selama 2 bulan

Bebek Remaja (Grower)   8 – 9                 130                    22                     2.900                 0.60 – 1 0.62

                    9 – 15               145                   14                      2.900                     0.60 – 1            0.60

                    15 – 20             150                   14                      2.900                     0.60 – 1            0.60

Total 12.25 kg per ekor pemeliharaan selama 3 bulan

Bebek dewasa                    20 >                 160 – 180          15 – 18             2.700             2.75 – 3.05        0.60

Tabel pemberian pakan untuk bebek petelur dan pedaging

Sedangkan untuk pemberian pakan bebek terdiri dari 3 fase yaitu:

  1. Usia 0-8 minggu atau yang sering disebut Stater
  2. Usia 8-18 minggu atau yang sering disebut Grower
  3. Usia 8-27 minggu atau yang sering disebut Layar.

Setiap fase akan diberikan sistem dan jenis pakan yang berbeda, untuk bebek stater diberikan pakan datar dengan menggunakan tempat pakan yang mudah di jangkau bebek.

Sedangkan untuk bebek grower diberikan pakan datar juga namun disebar ke lantai, sedangkan untuk bebek layar diberikan pakan secara terus menerus untuk meningkatkan produksi telur.
Untuk sukses ternak bebek memang tidaklah mudah, dibutuhkan kesabaran. Karena ternak bebek membutuhkan proses yang cukup lama hingga siap untuk dijual.

Selain itu, perawatan dan pemeliharaan bebek maupun kandang juga harus diperhatikan agar bebek terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang tentu dapat merugikan kita.

Maka dari itu diperlukan pengamatan yang dalam untuk memulai ternak bebek ini agar kita dapat memenuhi kebutuhan pasar akan daging maupun telur bebek.

Sekian untuk penjelasan singkat mengenai Enaknya Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur, semoga artikel ini dapat membatu dan menambah wawasan kita.

Terima kasih dan salam sukses.

 

Related Post to Enaknya Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur