Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Kita akan sama-sama melihat contoh surat lamaran kerja untuk para CPNS atau ketika kalian melamar pekerjaan di suatu instansi pemerintah seperti lembaga, instansi, kementerian sebagai status PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Pengumuman mengenai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau ASN (Aparatur Sipil Negara)

Ini merupakan momen yang selalu ditunggu dan dinantikan oleh setiap masyarakat Indonesia.
Penerimaan CPNS ini pun didasari dengan serangkaian test yang sangat ketat dengan perbandingan antara pelamar dan jumlah yang akan diterima dapat berbading 1:1000 bahkan lebih.

Disini kita tidak sedang membahas mengenai proses rekrutmen CPNS itu sendiri, tapi kita akan melihat contoh surat lamaran kerja cpns yang sering dipakai sebagai surat resmi dalam melamar pekerjaan sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada sebuah instansi pemerintah atau kementerian.

Selain itu kamu juga dapat mengunjungi situs website untuk melihat contoh surat lamaran kerja cpns 2018
Kamu dapat membaca pada postingan di website tipsinterview.net 

Surat lamaran merupakan salah satu jenis surat resmi yang ditujukan kepada sebuah perusahaan atau instansi dalam rangka melamar pekerjaan dengan tujuan untuk mengajukan diri sebagai pekerja atau dalam hal PNS adalah seorang abdi negara.

Isi dari surat lamaran pekerjaan itu sendiri tidak jauh berbeda dengan contoh surat lamaran pekerjaan yang ditujukan pada sebuah perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah atau BUMN (badan usaha milik negara).

Isinya adalah mengenai sekilas data diri, tujuan anda membuat surat, sumber informasi lowongan pekerjaan yang anda dapat dan juga lampiran yang berisi dokumen individu seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat, pas foto dan dokumen pendukung lainnya.

Dalam hal melamar pekerjaan sebagai abdi negara, tidak dengan mudahnya dapat masuk begitu saja. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya dengan membuat surat lamaran pekerjaan. Kita akan melihat susunan dalam contoh surat lamaran kerja cpns berikut ini:

contoh surat lamara kerja CPNS

 

1. Tanggal pembuatan surat lamaran kerja

Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah tanggal berapa kamu membuat surat tersebut. Kamu harus menyertakan tanggal kapan kamu membuat surat lamaran pekerjaan tersebut yang terletak di posisi kanan atas dalam sebuah surat lamaran kamu. Contohnya:

Jakarta, 17 Januari 2019

2. Alamat tujuan surat lamaran

Langkah kedua yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah alamat tujuan surat yang kamu tujukan. Dalam menulis surat lamaran kerja sebagai CPNS yang ditujukan ke suatu instansi atau kementerian terkait, cukup dengan cara menuliskan nama lembaga atau kementerian tersebut. Contohnya:

Yth. Menteri Kesehatan RI
Di  –
Jakarta

3. Pengantar yang berisi biodata pribadi

Langkah ketiga yang harus kamu perhatikan adalah mengenai biodata pribadi kamu sebagai pelamar pekerjaan. Kata pengantar yang ditulis disini tidak berbentuk paragraf dan hanya cukup dengan tulisan “Saya yang bertanda tangan di bawah ini” disertai dengan biodata lengkap si pelamar. Contohnya:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dawiyah Salamah, S.kep.,Ns
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 21 September 1993
Jenis kelamin: Wanita
Pendidikan: Sarjana (S1) Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI)
Wilayah Pendaftaran: Kantor Wilayah Kementerian Kesehatan RI Pusat Jakarta
Jabatan yang dilamar: Perawat Homecare
Alamat Domisili: Jl. Keuangan Blok A1 No. 15B, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

4. Pernyataan dan lampiran

Langkah ketiga yang tidak boleh kamu lupakan dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah menyertakan pernyataan dan lampiran si pelamar.

Isi dalam surat lamaran pekerjaan adalah pernyataan sebagai peserta untuk melamar sebagai CPNS dengan melampirkan dokumen-dokumen terkait dalam proses seleksi CPNS yang dituju. Contohnya:

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun Anggaran 2019. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:

  1. Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,- ditujukan Kepada Menteri Kesehatan RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi surat keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan*
  3. Fotokopi Surat Keterangan Domisili
  4. Soft file hasil scan Ijazah
  5. Soft file hasil scan Transkrip Nilai
  6. Soft file hasil scan ijazah SD, SMP/SLTP dan SLTA
  7. dsb (sesuai persyaratan Kementerian Kesehatan)

Demikian surat lamaran ini saya buat. Adapun seluruh data dan dokumen-dokumen yang saya lampirkan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar pada lampiran, saya bersedia menerima keputusan panitia rekrutmen membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun Anggaran 2019. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

5. Penutup

Langkah terakhir yang harus kamu sertakan pada surat lamaran pekerjaan kamu adalah penutup.
Penutup disertai dengan tanda tangan diatas materai dengan nama terang si pelamar. contohnya:

Hormat saya,

(Dawiyah Salamah, S.kep.,Ns)

 

Nah itu tadi beberapa langkah dalam membuat surat lamaran kerja resmi CPNS. Sebaiknya persiapkan diri dengan matang jika ingin menjadi abdi negara, karena menjadi seorang abdi negara bukanlah tanggung jawab yang kecil.

Related Post to Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS