Cara Menjadi Orang Yang Sukses

Kebanyakan orang mengukur kesuksesan seseorang adalah dari seberapa banyak harta yang dia miliki , apa jabatannya dan sepopuler apakah dia.

Namun menurut saya pendapat mereka tidak salah. Karena mereka mengukur kesuksesan seseorang dari materi.

Namun menurut saya , kesuksesan bukanlah dinilai dari seberapa banyak hartanya, atau apa jabatannya dan seberapa terkenalnya dia.

Karena menurut saya orang yang sukses adalah orang yang mampu mendapatkan apa yang dia mau , atau apa yang dia cita – citakan dengan usaha nya sendiri.

Sebenarnya kunci menjadi orang yang sukses adalah cukup mudah. Namun terkadang banyak sekali cobaan yang menghalangi kita menuju keberhasilan. Yaitu kegagalan.

Kebanyakan orang yang telah gagal merasa dirinya tidak mampu, kecewa, dan lain sebagainya. Dan tidak punya keinginan untuk bangkit dan mencoba kembali .

Jangan jadikan kegagalan sebagai akhir dari segalanya. Tapi jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk bangkit meraih kesuksesan.

Tidak ada orang yang sukses yang tidak pernah merasakan kegagalan. Pasti orang – orang yang telah sukses pernah mengalami pahitnya jatuh bangun dari kegagalan.

Karena apa ? karena kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan. Dari kegagalan itu lah kita banyak belajar, bagaimana cara memperbaiki diri agar menjadi orang lebih baik lagi,

Dan bagaimana cara nya agar kita bisa bangkit dari keterpurukkan, dan bagaimana cara kita mengolah diri kita agar kita pantas disebut dengan orang sukses.

Nah pada kesempatan yang kali ini saya akan membagikan tips bagaimana caranya menjadi orang yang sukses. Mari simak penjelasan berikut ini :

Langsung saja sebenarnya menjadi orang yang sukses itu tidak lah sulit. Hanya saja sukses harus dimulai dari hal yang kecil yakni dari memperbaiki diri sendiri.

Kita harus pumya sikap yang mencerminkan diri kita adalah termasuk kriteria oang yang sukses.

Apa saja kriteria orang yang sukses ? kriteria orang yang sukses adalah sebagai berikut :

  1. Disiplin

Disiplin adalah kriteria pertama yang wajib anda miliki jika ingin menjadi orang yang sukses. Karena orang yang disiplin tidak akan menyia – nyiakan waktunya untuk hal yang tidak bermanfaat atau tidak berguna .

Disiplin ini pun terbagi menjadi beberapa bagian , yaitu :

  • Disiplin diri , yang dimaksud disiplin diri adalah pandai mengkoordinasi diri untuk melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan yang bermanfaat dengan baik dan benar.
  • Disiplin waktu, yang dimaksud disiplin waktu adalah pandai membagi waktu untuk hal – hal yang positif dan meninggalkan hal – hal yang negatif, sehingga untuk hal – hal yang positif seperti bekerja ataupun belajar kita selalu on time (tepat waktu).
  • Disiplin suasana , yang dimaksud disiplin suasana adalah pandai mengatur suasana hati. Jika kita dalam posisi bekerja kita harus tetap menjaga professional dalam bekerja.

Meskipun suasana hati sedang tidak baik seperti sedang mengalami suatu masalah yang membuat suasana hati menjadi sedih.

Kita harus tetap professional yaitu mengenyampingkan masalah pribadi dan mengutamakan masalah pekerjaan.

Dengan belajar disiplin kita akan terbiasa mengerjakan suatu pekerjaan tepat waktu, tidak suka membuang – buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat dan harus pandai membagi waktu . ada saatnya bermain , ada saatnya santai, dan ada saatnya kamu harus serius.

Jika kamu pandai membagi waktu,  berarti kamu sudah memiliki satu modal menjadi orang yang sukses . karena waktu adalah uang . Kalau kamu membuang – buang waktu berarti kamu membuang – buang uang.

  1. Percaya diri

Percaya diri adalah sikap dimana kita yakin akan kemanpuan diri sendiri. Kita percaya bahwa kita bisa dan kita mampu melakukan sesuatu.

Sikap percaya diri ini sangat penting sekali dimiliki oleh setiap orang yang ingin menjadi sukses.

Karena meskipun kita punya keahlian yang bagus, tapi kita tidak percaya diri untuk menunjukkan keahlian kita itu kepada orang lain itu sama saja dengan nol.

Karena percuma saja , jika kalian mempunyai keahlian tetapi  kalian malu untuk menunjukkannya kepada orang lain, maka keahlian kalian akan terpendam selamanya.

Orang tidak akan pernah tahu jika kalian mampu dan orang juga tidak akan tahu jika kalian bisa.

Maka dari itu, sikap percaya diri ini harus ditebalkan lagi di dalam diri kalian jika kalian ingin menjadi orang yang sukses.

  1. Jujur

Jujur adalah suatu perilaku yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan oleh hati, diucapkan oleh lisan atau mulut kita dan di gambarkan dalam perbuatan memang itulah yang sesungguhnya terjadi dan sebenarnya.

Jadi , apa yang kita niatkan, apa yang kita ucapkan itu harus sama dengan apa yang kita lakukan. Itu lah yang dimaksud dengan jujur.

Lalu , mengapa kita harus memiliki sikap jujur untuk meraih kesuksesan ? apa hubungannya ?

Jelas kita harus memiliki sikap jujur jika ingin menjadi orang yang sukses, karena jika kita sudah membiasakan sikap jujur di dalam diri kita sejak kecil maka kita akan mudah dipercaya oleh orang.

Karena segala ucapan, perilaku ataupun tindakan kita itu orang yang menilai. Maka dari itu kita harus menjaga lisan kita dari ucapan yang kurang baik atau bisa terbilang tidak pantas untuk di ucapkan.

Karena dari apa yang kita katakan orang sudah bisa menilai bagaimana karakter kita. Maka dari itu ucapkan lah kata – kata yang baik dan pantas untuk diucapkan.

Agar dirimu mudah dipercaya oleh orang lain dan dianggap bagus serta dianggap pantas menjadi orang yang sukses.

Biasakan lah bersikap jujur. Karena jujur sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesanmu.

  1. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab adalah suatu perilaku yang menyatakan siap menanggung segala sesuatu akibat yang akan terjadi dari segala perbuatan yang telah dilakukannya.

Jika ingin menjadi orang yang sukses kalian harus memiliki rasa tanggung jawab atas segala pekerjaan yang dibebankan kepada kalian, ataupun menjaga suatu kepercayaan yang telah diberikan kepada kalian.

Jadi , jika kalian sudah menjadi seorang pemimpin. Kalian akan terbiasa bersikap bertanggung jawab atas segala pekerjaan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kalian.

  1. Berfikiran positif

Berfikiran positif adalah sikap selalu memikirkan hal – hal yang baik. Jadi apa yang kita kerjakan atau apa yang kita lakukan jika menggunakan fikiran yang positif maka hasilnya akan baik dan memuaskan.

Sebaliknya fikiran negatif dapat berdampak buruk dari apa yang kita kerjakan. Bisa saja apa yang kita lakukan hasilnya akan kacau karena diakibatkan dari fikiran yang buruk.

Jadi fikirkan saja hal yang baik – baik maka hasilnya pun akan baik pula. Karena orang sukses selalu berfikiran positif.

  1. Mau bekerja sama

Bekerja sama adalah usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama merupakan interaksi yang paling penting karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial, sehingga ia senantiasa membutuhkan orang lain.

Kerja sama dapat berlangsung manakala individu-individu yang bersangkutan memiliki kepentingan yang sama dan memiliki kesadaran untuk bekerja sama guna mencapai kepentingan mereka tersebut.

Mengapa jika ingin menjadi orang yang sukses kalian harus mau bekerja sama ?

Jawabannya adalah karena tidak ada orang sukses yang sendirian. Dibalik orang – orang sukses selalu ada orang – orang hebat yang mendampinginya.

Jadi jika kalian ingin menjadi orang yang sukses kalian harus mau dan pandai bekerja sama.

Selain harus memiliki kriteria diatas ada lagi yang perlu kalian ketahui tentang bagaimana caranya menjadi orang yang sukses.

Yaitu kunci menjadi orang yang sukses. Apa saja kunci menjadi orang yang sukses ? Mari simak penjelasan di bawah ini .

Kunci menjadi orang yang sukses itu ada 3 , yaitu :

1)      Modal , yang dimaksud modal disini adalah kalian harus memliki modal seperti kriteria yang telah saya jelaskan diatas. Yaitu disiplin, percaya diri, jujur, bertanggung jawab, selalu berfikiran positif dan mau bekerja sama.

2)      Usaha / ikhtiar , yang dimaksud usaha atau ikhtiar adalah selain kita sudah memliki modal , kita juga harus berusaha menekuni pekerjaan yang telah kita pilih. Bagaimana cara mengolahnya agar usaha kita menjadi lebih maju.

3)      Berdoa , selain modal dan usaha kita juga harus menyertakan doa. Dengan memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa , biasanya bisa membantu kelancaran usaha mu.

Demikian lah penjelasan yang bisa saya sampaikan mengenai cara menjadi orang yang sukses. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Related Post to Cara Menjadi Orang Yang Sukses