Cara Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Pandai Memanfaatkan Waktu adalah suatu perbuatan yang paling bijak. Namun jika mendengar kata waktu  pasti banyak orang menganggapnya sepele. Masalah waktu mungkin tidak menjadi masalah apa – apa bagi mereka.

Seharusnya kalian tidak boleh menyepelekan waktu. Karena waktu itu bisa menjadi sesuatu yang berharga apabila kalian pandai memanfaatkannya.

Dan bisa menjadi sebuah boomerang apabila kalian tidak pandai memanfaatkannya apalagi mengabaikannya.

Mengapa saya katakan demikian ?

Karena waktu adalah uang. Jika kalian membuang – buang waktu, berarti kalian membuang – buang uang .

Perhatikanlah banyak orang yang gagal dalam menghadapi ujian karena melalaikan waktu yang diberikan untuk belajar.

Banyak orang yang gagal meraih kesuksesan akibat terlau sepele dengan waktu.

pentingnya waktu

Padahal jika dia pandai memanfaatkan waktunya untuk terus berusaha bagaimana cara mengembangkan usahanya, pasti dia tidak akan mengalami kebangkrutan.

Banyak orang sukses yang sudah berada diatas, menjadi jatuh dan terpuruk gara – gara terlalu terbuai oleh waktu.

Padahal jika kita sudah berada diatas atau bisa dikatakan berhasil, disitulah saat kita diuji. Disitulah kalian harus berfikir bagaimana cara mempertahankan kedudukan kalian bahkan meningkatkannya menjadi lebih baik lagi.

Karena mempertahankan itu lebih sulit daripada meraih.

Jangan pula setelah kalian berada diatas atau  sukses, kalian malah berbangga diri dan menganggap kalian telah menang lantas dapat berbuat semaunya. Telah berhasil bukan berarti kalian berhenti berusaha dan waktunya untuk berfoya – foya.

Kebanyakan orang beranggapan demikian, seingga dia terlena oleh waktu. dan akhirnya jatuh bangkrut.

Sepele bukan ?

Namun ingat waktu dapat menghanyutkan kalian dalam sekejab. Jadi pandai – pandailah dalam memanfaatkan waktu.

baca juga: Cara Memulai Usaha : Cara Mendirikan Usaha Atau Cara Merintis Usaha Dari Nol

Agar kalian tidak mudah terlena oleh waktu, alangkah baiknya kalian mengetahui bagaimana caranya memanfaatkan waktu dengan baik.

Berikut adalah 6 cara memanfaatkan waktu dengan baik :

  1. Pandai membagi waktu

Nah langkah awal dalam cara memanfaatkan waktu adalah kalian harus pandai membagi waktu. Misalnya kalian harus bisa memisahkan antara waktu belajar, waktu bermain, ataupun waktu bekerja.

Bukan berarti saya menuntut Anda untuk selalu serius, atau bekerja secara terus – menerus. Tidak.

Tetapi tujuannya adalah Agar semua kegiatan kalian dapat terlaksana dan tidak ada satu kegiatan pun yang terlewatkan dalam setiap harinya.

Jadi kalian tahu dimana saatnya bermain, dimana saatnya belajar maupun dimana saatnya kalian harus serius bekerja.

  1. Membuat Jadwal kegiatan sehari – hari

Bila perlu kalian harus membuat jadwal kegitan kalian sehari – hari beserta jamnya.  Langkah ini berguna untuk mempermudah kalian mengetahui kegiatan apa yang harus kalian lakukan disetiap jamnya.

Mudah bukan ?

Dengan membiasakan hal demikian, kalian akan terbiasa untuk hidup secara teratur dan terarah.

  1. Selalu Mengerjakan Hal – hal yang Positif

Nah kegiatan ini ni yang perlu Anda garis bawahi. Jika kalian selalu mengerjakan hal – hal yang positif, dijamin kalian akan meninggalkan hal – hal yang negatif.

Kalian akan merasa sayang atau rugi membuang – buang waktu Anda untuk mengerjakan sesuatu hal yang negatif atau bisa dibilang tidak bermanfaat sama sekali.

  1. Meluangkan Waktu Anda Untuk Tuhan

Jika kalian dipenuhi oleh kesibukan yang tidak ada habisnya, bukan berarti kalian terpaksa melupakan Tuhan. Karena walau bagaimana pun tetap Tuhan lah yang menentukan segalanya.

Setiap orang memiliki kepercayaan yang berbeda – beda. Seperti halnya Agama islam yang mempercayai Allah SWT sebagi Tuhannya. Maka laksanakanlah perintahnya dan jauhilah larangannya.

Sebab jika kalian taat kepada Allah maka Allah akan menunjukkan jalan yang terbaik untuk kalian dan dia juga akan memudahkan segala urusan kalian.

Jadi meluangkan waktu untuk beribadah kepada-Nya sangat penting untuk dilakukan. Karena hal tersebut sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan kalian.

  1. Meluangkan waktu untuk berbuat baik

Nah selain kalian harus memanfaatkan waktu untuk hal – hal yang bermanfaat, kalian juga harus meluangkan waktu kalian untuk berbuat baik kepada sesama.

Karena walau bagaimana pun kita tetap membutuhkan pertolongan orang lain, begitu juga ketika ada orang yang membutuhkan pertolongan kalian, maka tolonglah.

Tidak ada salahnya kan kalian menolong sesama ? bahkan berpahala.

Mudah – mudahan amal baik kalian akan membuahkan hasil yang baik pula. Sekalian Hitung – hitung menambah pahala.

  1.  Meluangkan waktu untuk Introspeksi diri

Ini juga salah satu hal yang baik dilakukan dalam memanfaatkan waktu. Daripada kalian membuang – buang waktu kalian untuk mengurusi hidup orang lain, lebih baik kalian memanfaatkan waktu kalian untuk mengintrospeksi diri.

Jauh lebih bermanfaat bukan ?

Perbaiki setiap perbuatan buruk yang ada pada diri kalian dan menggantinya dengan perbuatan – perbuatan yang baik.

Berusaha untuk lebih meningkatkan kualitas diri Anda dengan cara memperbaiki setiap kesalahan yang Anda miliki.

Banyak sikap – sikap yang baik yang harus kalian tanamkan di dalam diri kalian seperti belajar bertanggung jawab, jujur, beretika, konsisten dalam pendirian , dll.

Jadi , alangkah baiknya jika kalian mampu memanfaatkan waktu Anda dengan baik. Ingat ! waktu yang telah berlalu itu tidak dapat diulang kembali.

Jadi, agar tidak menjadi penyesalan di kemudian hari yang menyebabkan kalian ingin mengulang waktu untuk memperbaiki diri, lebih baik kalian belajar memanfaatkan waktu dengan baik dari sekarang.

Karena penyesalan selalu datang belakangan.

Bagaimana kira – kira Artikel ini bisa mengubah pola fikir kalian ?

Coba fikirkan !

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara memanfaatkan waktu dengan baik. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua yang ingin memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Terima kasih.

Related Post to Cara Memanfaatkan Waktu dengan Baik