9 Peralatan Kopi Wajib Untuk Usaha Kedai Kopi Sederhana

Jika saat ini kamu sedang mencari-cari peralatan kopi yang dibutuhkan untuk kedai kopi sederhana maka artikel ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi kamu.

Bisnis kedai kopi sederhana saat ini memang tengah banyak populer di berbagai tempat.

Seiring dengan pesatnya gaya hidup masyarakat yang minum kopi dari berbagai kalangan, menjadi sebuah peluang bisnis besar yang sangat sayang jika kamu lewatkan.

Bagi kamu yang punya rencana untuk memulai usaha kedai kopi sederhana tentu saja memerlukan berbagai persiapan mulai dari modal usaha, tempat usaha dan peralatan kopi yang dibutuhkan untuk dapat memulai bisnis kedai kopi anda.

Banyak orang yang ingin membuka kedai kopi sederhana, namun kesulitan dalam menentukan peralatan kedai kopi apa saja yang harus di beli, apalagi jika modal yang kita miliki terbatas.

Pemilihan alat-alat kopi yang tepat menjadi hal penting yang harus kamu pikirkan baik-baik.

Untuk itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari berbagai jenis alat kopi yang bisa membantu kamu dalam menentukan alat kopi sesuai kebutuhan bisnis kedai kopi sederhana kamu.

Ada 2 hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum kita masuk kedalam materi ini.

Untuk kedai kopi sederhana sebenarnya cukup dengan menggunakan manual brew atau alat kopi manual mengingat modal yang dimiliki terbatas.

Bagi kamu yang memiliki modal lebih, mesin espresso bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun, pada artikel ini saya hanya membahas alat kopi untuk skala kedai kopi kecil atau kaki lima.

Sedikit saran pribadi buat teman-teman, untuk dapat menekan biaya pembelian alat kopi kamu tidak wajib memiliki semua jenis alat kopi yang ada.

Dengan menyesuaikan kebutuhan kedai kopi maka kamu dapat mengurangi modal yang harus kamu keluarkan.

Peralatan Usaha Kedai Kopi Sederhana

1. Rok Presso

Untuk sebuah kedai kopi, kopi espresso merupakan salah satu menu wajib yang menjadi dasar dari berbagai jenis minuman kopi yang ada.

Masalahnya, tidak semua jenis alat kopi dapat digunakan untuk membuat sebuah kopi espresso.

Rok presso merupakan sebuah alat kopi manual yang di desain khusus untuk dapat menghasilkan espresso shot yang menjadi dasar dari berbagai jenis minuman seperti latte maupun cappuccino.

9 Peralatan Kopi Wajib Untuk Usaha Kedai Kopi Sederhana

Dengan harga 2 sampai 3 juta sudah cukup membawa rok presso ke kedai kopi kamu.

Selain mudah saat digunakan, rok presso juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi investasi panjang bagi kedai kopi yang kamu miliki.

Ditambah lagi, alat ini tidak memerlukan listrik dalam pengunaannya sehingga tidak menambah beban operational kedai kopi kamu.

Di sisi lain, rok presso memang di buat khusus hanya untuk menghasilkan espresso shot.

Jadi kamu tidak bisa menggunakan alat ini untuk membuat jenis minuman-minuman kopi lainnya.

2. Grinder

Biji kopi akan lebih baik jika digiling sesaat sebelum kamu ingin menyeduh kopi.

Dengan cara ini maka dapat menjadi kesegaran dan juga kualitas dari biji kopi yang kamu punya.

Ada 2 jenis Grinder atau mesin penggiling biji kopi, yaitu:

Manual grinder – yang biasa disebut juga sebagai hand grinder, dengan alat ini kamu tidak memerlukan listrik untuk dapat menggunakannya.

Selain itu, manual Grinder juga memiliki harga yang cenderung lebih murah.

Dengan berbagai varian harga yang, kamu bisa mendapatkannya dengan harga dibawah satu juta.

Namun, jika kamu memilih penggiling kopi manual maka harus siap untuk sedikit repot ketika menggiling maupun melakukan pengaturan tingkat kekasaran dalam menggunakannya.

Automatic grinder – bagi kamu yang tidak mau repot dalam menggiling biji kopi, alat ini merupakan solusi terbaik bagi kamu.

Dengan bantuan listrik, proses menggiling biji kopi akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Selain itu, dalam penggunaannya juga lebih mudah jika kita bandingkan dengan grinder manual.

Yang perlu kamu perhatikan hanyalah rutin melakukan pemeriksaan dan juga pembersihan mesin agar dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Tentunya kamu harus sedikit lebih memberikan budget untuk dapat memiliki grinder jenis ini.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga 800 ribu ke atas tergantung merek dan kualitas dari mesin penggiling kopi yang kamu pilih.

3. French Press

Jika kamu membutuhkan alat untuk membuat kopi yang praktis dan mudah saat digunakan french press merupakan alat kopi yang tepat.

Hadir dalam berbagai kapasitas, membuat salah satu alat kopi tertua ini dapat menghasilkan kopi hitam lebih dari 4 gelas dalam waktu 4 menit.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan french press untuk membuat berbagai jenis minuman lainnya seperti teh.

Ditambah lagi kamu juga bisa membuat foam susu untuk berbagai keperluan seperti campuran pada cappuccino atau latte art tanpa harus menggunakan mesin espresso.

Caranya mudah yaitu dengan menuangkan susu yang telah kamu panaskan terlebih dahulu kedalam french press yang dilanjutkan dengan mengocok filter secara berulang sampai menghasilkan foam dari susu.

4. Pour over

Banyak orang yang berpendapat bahwa metode drip coffee ini merupakan cara terbaik untuk menyeduh kopi dengan hasil yang sempurna.

Salah satu yang menjadikan pour over ini istimewa adalah hasil seduhan yang dipengaruhi oleh sang peracik atau pembuat kopi tersebut.

Singkatnya, beda peracik maka beda juga rasa kopi yang dihasilkan.
Ditambah lagi proses pembuatannya dapat menjadi daya tarik sendiri untuk di saksikan oleh para pelanggan kedai kopi kamu.

Ada beberapa jenis alat kopi yang mengadopsi metode coffee drip ini atau pour over seperti melita, chemex dan yang paling populer yaitu Hario V60.

Kamu bisa mendapatkan alat kopi ini dengan harga yang beragam variasi mulai dari seratus ribu keatas tergantung bahan yang digunakan.

Sayangnya, untuk dapat menggunakan alat kopi ini kamu harus memiliki perlengkapan kopi lainnya seperti kertas filter dan kettle yang harus kamu beli secara terpisah atau dengan satu paket namun dengan harga yang lebih tinggi.

5. Vietnam drip

Jika yang kamu butuhkan adalah alat kopi yang dapat menghasilkan rasa kopi yang pekat maka Vietnam drip ini merupakan pilihan yang tepat.

Selain itu alat kopi ini juga memiliki harga yang relatif lebih murah dan dapat kamu beli mulai dari harga 100 ribu ke atas.

Umumnya Vietnam drip ini digunakan untuk jenis minuman yang dicampur dengan susu kental manis yang dapat menyeimbangkan rasa pahit hasil dari waktu seduh yang cukup lama dan bisa berlangsung lebih dari 10 menit.

6. Aeropress

Aeropress ini disebut dapat menghasilkan kopi dalam waktu yang singkat, Aeropress dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang membutuhkan alat kopi dengan kemampuan dapat menghasilkan kopi dalam waktu singkat.

Dalam penggunaannya kamu hanya perlu memasang kertas filter dan juga melakukan pressing untuk memberikan tekanan dalam menyeduh kopi menggunakan alat ini.

Harganya yang relatif murah juga menjadikan ini sebagai salah satu alasan banyak orang menyediakan alat ini pada kedai kopi mereka.

Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga 500 ribu keatas untuk satu paket Aeropress lengkap dengan satu set kertas filter dan juga coffee scoop.

7. Moka Pot

Dengan cara seduh seperti sedang memasak air, peralatan kopi Moka pot yang juga dikenal dengan sebutan Bialetti ini cocok menjadi pilihan alat kopi bagi kedai kopi kamu.

Meski harus menggunakan kompor kecil atau sumber panas lainnya, kopi yang dihasilkan oleh alat ini tidak akan mengecewakan kamu.

Apalagi jika kamu seorang yang gemar kopi dengan cita rasa pahit dengan aroma yang dominan.

Moka pot ini merupakan pilihan tepat yang bisa kamu dapatkan mulai dari harga 200 ribu keatas tergantung kapasitas yang kamu inginkan.

8. Syphon

Memiliki design futuristik dan selalu dapat menarik perhatian para pelanggan, jenis alat kopi yang satu ini juga dapat menghasilkan cita rasa kopi terbaik.

Dengan bentuk yang seperti gelas pada labolatorium, Syphon coffee maker memiliki motede penyeduhan vakum yang membutuhkan sumber panas yang dapat dihasilkan dari mini burner.

Dengan alat ini maka para pelanggan kamu bisa mendapatkan nilai “hiburan” tersendiri saat melihat proses pembuatan kopi menggunakan Syphon.

9 Peralatan Kopi Wajib Untuk Usaha Kedai Kopi Sederhana

Namun, masalah harga dari alat ini memang cukup berat untuk kantong dan kamu membutuhkan 500 ribu keatas untuk dapat memilikinya.

9. Coffee Equipment

Terdapat banyak sekali perlengkapan kopi yang ada diluar, beberapa alat kopi telah kita bahas sebelumnya.

Masalahnya jika kita menjelaskan satu persatu akan membuat aritikel ini sangat panjang dan kamu lelah untuk terus membacanya sampai tuntas.

Untuk mempermudah silahkan baca dibawah yang berisi perlengkapan yang mungkin saja kamu butuhkan untuk kedai kopi sederhana yang saat ini sedang kamu persiapkan.

  1. Kettle
  2. Scale
  3. Server
  4. Filter
  5. Milk Froather
  6. Milk Jug
  7. Thermometer
  8. Canister
  9. Spoon
  10. Espresso Glass
  11. Portafilter
  12. Tampers

Nah itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai 9 peralatan kopi wajib untuk usaha kedai kopi sederhana.

Semoga informasi tersebut dapat memberi manfaat bagi teman-teman semua yang membaca.

Related Post to 9 Peralatan Kopi Wajib Untuk Usaha Kedai Kopi Sederhana